Mau Beli iPhone Terbaru Di Singapura, Hitung Dulu Besaran Pajaknya

Posted on

Mau Beli iPhone Terbaru Di Singapura, Hitung Dulu Besaran Pajaknya

Konsultan Pajak Jakarta – Peminat iPhone XS serta iPhone XS MAX di tanah air yang berencana untuk membeli gadget premium ini biasanya akan pergi ke Singapura. Karena negara tersebut berdekatan dengan Indonesia dan menjadi salah satu negara yang kebagian iPhone terbaru. Namun sebelum membeli gadgetnya, Anda harus menyiapkan anggaran lebih terlebih dahulu karena dapat dipastikan bila dana yang harus dikeluarkan akan lebih besar mengingat barang mewah ini dikenai pajak ketika sampai di tanah air.

Bea Cukai, gadget iPhone XS atau XS Max dimasukkan sebagai barang impor yang melampaui batas harga yang sudah ditetapkan sebelumnya. Aturan ini tertulis di dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 203/PMK.04/2017 mengenai Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa Oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut.

Meskipun batasan terbaru dari harga barang yang sudah ditetapkan secara individual adalah USD 500 namun angka tersebut mengalami kenaikan dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188 Tahun 2010 yang mana menuliskan jika batasan yang sudah ditetapkan untuk individual itu mencapai USD 250.

Kita bisa mengambil contoh yang paling murah seperti iPhone XS dengan kapasitas memori mencapai 64GB yang di Singapura dijual sekitar SGD 1.649 supaya lebih mudah lagi proses perhitungannya, harga itu bisa langsung dikonversi ke mata uang dollar hingga menjadi USD 1.207.

Karena adanya aturan dari PMK sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, maka USD 1.207 tersebut harus dikurangi dengan USD 500 dan hasilnya menjadi Rp. 10.521.397 yang selanjutnya dihitung pajaknya. Perhitungan kasarnya sebagai berikut ini:

  • Perhitungan bea masuk dikalikan 10% menjadi Rp. 1.052.139
  • Perhitungan pajak pertambahan nilai dihitung 10% menjadi Rp. 1.157.353 setelah sebelumnya ditambahkan dengan biaya bea masuk
  • Perhitungan pajak penghasilan dihitung sebesar 7.5% untuk yang memiliki NPWP dan yang tidak memiliki NPWP akan dikenakan biaya sebesar 15% sehingga menjadi Rp. 848.015
  • Perhitungan pajak mewah sebesar 0% karena gadget iPhone tidak termasuk
  • Maka bila dikalkulasikan semuanya menjadi Rp. 3.057.597

Tentunya besarnya pajak yang harus dibayar oleh individu itu masih tergantung dengan tipe iPhone yang dibelinya jika ponselnya jauh lebih mahal tentu harga pajaknya pun jauh lebih mahal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *