Malaysia Segera Menerapkan Pajak Minuman Manis, Untuk Apa?

Posted on

Malaysia Segera Menerapkan Pajak Minuman Manis, Untuk Apa?

Jasa Konsultan Pajak Jakarta – Pemerintah Malaysia saat ini tengah mempertimbangkan untuk melakukan penerapan pajak minuman bersoda dan minuman manis. Tujuannya tidak lain untuk membantu mendorong gaya hidup masyarakat Malaysia ke arah hidup sehat.

Dikutip dari The Malaysian Reserve, Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr Mahathir Mohamad mengungkapkan jika pajak baru yang familiar disebut sebagai pajak soda tersebut akan banyak membantu pemerintah untuk menurunkan angka penderita penyakit diabetes di Malaysia.

“Pajak soda bisa membantu menurunkan konsumsi berlebihan pada makanan manis mengandung gula di antara masyarakat Malaysia, yang mana adalah penyebab utama dari penyakit diabetes. Angka diabetes yang tercatat di Malaysia cukup tinggi karena masyarakatnya terus mengkonsumsi banyak gula, jadi kita harus mengkonsumsi air putih lebih banyak” ujar Mahathir yang juga seorang dokter.

Mahathir turut mengatakan jika berdasarkan pada temuan pemerintah, ada sejumlah warga Malaysia yang dapat menenggak kurang lebih sebanyak 6-7 botol minuman manis setiap harinya. Padahal hal ini sebetulnya bisa saja tidak terjadi dan alangkah baiknya bila masyarakat lebih banyak minum air putih saja.

“Saat Anda pergi ke rumah sakit, maka Anda akan melihat banyak pasien yang dirawat karena suatu penyakit, namun saat diperiksa lebih lanjut ternyata mereka menderita penyakit diabetes” ungkapnya.

Penerapan dari pajak untuk minuman bersoda dan minuman manis juga ditengarai untuk membantu menggenjot penerimaan pemerintah Malayasi di bidang perpajakan. Pajak soda merupakan jenis pajak yang telah diterapkan untuk membantu menurunkan angka konsumsi minuan manis mengandung gula, termasuk di antaranya minuman berkarbonasi, minuman berenergi juga minuman yang umumnya dikonsumsi saat atau setelah berolahraga.

Cukup banyak negara di dunia yang sudah menerapkan aturan pajak soda ini. Hal ini jadi latar belakang mengapa biaya pelayanan kesehatan mengalami peningkatakn karena konsumsi gula tinggi.

UEA, misalnya yang pada Oktober 2017 lalu telah menerapkan pajak minuman bersoda sebesar 50% dan 100% untuk minuman berenergi. Sejumlah negara yang ada di bagian Amerika Serikat turut menerapkan pajak beragam untuk minuman yang banyak mengandung gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *